Mendadak Ribet: tidak boleh memakai jalan pintas

6 April 2011
Rabu pagi berangkat ke kampus tanpa beban dan pikiran, santai gitu… karena memang saya ga ada kuliah. Kalo ga ada kuliah ngapain ke kampus??? Biarin… :P

sarapan di kantin gedung C bareng Karina, tumben nih saya sarapan di kantin, biasanya ga pernah makan di kantin, hm… tapi ga tau juga nih, dari senin pengennya makan di kantin… trus, saya nongkrong di deket lab, sapa tau ada temen yang bisa di ajak Hang Out. Enak banget nih hidup gue?

Eits, kesenangan saya sebenter lagi akan sirna. Di deket Lab ada Desy, adek tingkat di Biologi, saya pun terlibat percakapan singkat dengan dia.

hai Des…” saya menyapa


Rupanya sapaan saya membuat Desy kaget
eh, mas stevi… “ *sambil kaget*
hey mas… aku belum ngerjain tugas terjemahan dari bu Lita nih mas… bingung aku” keluh Desy

Heh??? Tugas bu Lita???” *kaget sekaget-kagetnya* karena saya make up mata kuliahnya bu Lita dan saya belum ngerjain, jangankan ngerjain, dapet bahan terjemahan aja belon…
emang dikumpulin hari ini ya Des??? Trus aku belum dapet bahan nih, gimana nih” *tampak sok bingung, biar dikira panik karena belum ngerjain, padahal tetep nyante ajah*

wah, aku juga ga tau mas…” jawab Desy sambil jalan agak keburu-buru, mungkin dia juga panik karena belum ngerjain + lihat saya yang pura-pura panik. Hehehe

Dalam keadaan sedang bingung, ketemu Gama dan Oni yang ngajak makan.

mas stevi udah makan?” Tanya Oni

udah on, tadi bareng Karina” jawab saya

Lalu Gama menyahut, “Tep, ayo makan lagi aja bareng kita…

Hm… ya udah deh, aku ikud kalian, tapi aku ga makan lho ya…” ga-pa-pa lah, daripada saya bengong GeJe di deket Lab, nanti malah kesambet… Hehehehe

Nunggu Gama dan Oni ambil motor, eh… ketemu Dita, yang juga dipanggil e’eg digimon oleh Gama dan Oni.

kamu ngapain mas???” Tanya Dita

nih, mau makan ma Gama n Oni…” jawab saya, sebenarnya saya pengen jaawab, “nih lagi jualan pecel, mau berapa bungkus Dit???” tapi ga tega… hehehe

Dita diam sejenak sambil komat-kamit, entah ngomong apa, jangan-jangan dia ngluarin jurus “pellet”nya. Saya kira setelah dia baca mantra “pellet”nya, dia menghadap ke saya trus melet-in saya, eh ternyata dia bilang, “aku ikutan makan bareng kalian aja deh mas…

Oke, jadi Gama boncengan ma Oni, trus saya boncengin Dita, tapi pake motornya Dita. Saya menemukan beberapa keanehan pada motor Dita, nih motor tinggi banget yah??? sampe saya harus berjinjit-jinjit dan muncul juga suara berdecit aneh dari ban belakang.

Dit, kamu bawa tikus ya???” Tanya saya iseng

Dita menjawab dengan sedikit bingung, “enggak tuh mas… emang kenapa???

nih kok ada suara mendecit kayak suara tikus ya…???” sahut saya

ah, mas stevi gitu… ni gara-gara lama belum tak servis mas motornya, jadi gitu deh…” ungkap Dita sambil mukul-mukul pundak saya dengan gaya cewek alay… hehehe tapi cukup sakit juga, ga berani komentar lagi ah…

Sampai di tempat makan, merekapun makan ayam goreng tepung, wah… saya cuma liatin aja deh, udah kenyang nih… beberapa saat merekapun selesai makan, sesudah makan saya kira mereka mau langsung pulang ato balek ke kampus lagi. Eh… ternyata Gama ngluarin sebuah kertas Partitur lagu yang banyak not angkanya dan mulai menyanyikan sebuah lagu dengan bahasa Jawa. Saya baru sadar ternyata mereka [Gama, Oni, dan Dita] adalah anggota Paduan Suara Mahasiswa. Waaa… merekapun mulai bernyanyi dengan suara 1, 2, 3 dan saya hanya bisa terbengong. Gimana sih, kalo latian tuh tahu tempat donk…

setelah setengah jam berlalu, mereka brenti nyanyi. Akhirnya berenti juga, mungkin udah capek tuh mreka… hehehe

balik ke kampus, saya ketemu dengan Alan, ketua tingkat Bilologi 2008.

Lan, aku belum dapet tugas terjemahan bu Lita nih, gimana??? Nanti aku ga dapet nilai, percuma donk make up saya” protes saya kepada Alan

oh iya, sory2… kamu ikud keloknya Yuang ajah ya… tuh orangnya di situ… “ sambil nunjuk Yuang yang lagi lesehan di deket Lab

Oke, thx ya…” sambil menuju kea rah Yuang.
Yuang, aku kan belum dapet kelompok tugas bu Lita, katane Alan aku suruh ikut kelompokmu, gimana nih???” Tanya saya dengan masang muka melas, biar diberi kelonggaran dan berharap dia mengatakan, “oh iya mas, ga usah nerjemahin aja, ni udah selese kok…

Ternyata di berkata, “owh… kalo gitu kamu nerjemahin yang ini ja mas…” sambil ngasih empat lembar kertas yang banyak banget tulisan dengan bahasa asing. Ternyata gagal deh, tujuan saya masang tampang melas.

Hadew… >.<  pusing nih… mana dikumpulinnya nanti lagi, saya ga bawa pacar saya lagi *netbook* gimana nih??? Melihat tampang saya yang bingung, teman-teman saya yang juga masih berkeliaran di kampus nyaranin pake google translate saja, biar cepet trus nanti tinggal edit sedikit.
Oke, saya menuruti saran teman saya, tapi saya ga bawa laptop, gimana nih??? Untung ada teman saya, Nining, yang berbaik hati meminjamkan Laptopnya. Sip… thx ya Nining… buka Laptop, klik Mozilla Firefox lalu masup ke google translate. Saya copy aja tuh tulisan dari perkamen kuno yang harus diterjemahkan *untung sudah ada soft file.nya*

Ctrl + A >>> Ctrl + C >>> Ctrl + V

Dengan tombol formula di atas langsung saya masupin ke kolong translate, lalu tinggal tekan terjemahkan, jadi sudah tugas saya. Ajaib banget, satu detik sebelum saya tekan tombol terjemahkan padamlah listrik di kampus saya. Padamnya listrik juga memadamkan semangat saya. Bagaimana ini???


Terpaksa saya harus menerjemahkan secara manula, eh manual ding maksud saya. Bermula dari pukul 12.30 WIB dan berakhir pukul 16.01 WIB dengan bantuan dari Agung, teman saya juga, akhirnya selesai juga. Oia, maaf ya buat Anggita, yang tanya tentang Seminar Proposal Skripsi, tapi malah saya jutekin, Sory, saya lagi pusing saat itu. Hehehe

Dari ini semua saya bisa belajar bahwa menggunakan google translate sama dengan menggunakan jalan pintas. Bila di-analogi-kan; saya menggunakan jasa dukun untuk membuat seorang wanita jatuh hati kepada saya. Menurut saya itu tindakan geblek karena ga pake dukun aja, ada juga wanita yang jatuh hati kepada saya *sok ke-PeDe-an*. Semua butuh proses, begitu juga dengan PDKT; butuh sebuah proses. *kok nyindir-nyindir tentang cinta ya???*

So, bersyukur atas semua hal yang Dia berikan kepada saya.

Pelajaran yang bisa dipetik dari hari ini adalah:

Saya tidak boleh menggunakan jalan pintas karena semuanya itu membutuhkan proses. Walaupun terkadang proses yang dijalani membuat saya tidak enak, tetapi akhirnya saya akan tahu bahwa jerih payah saya tidak pernah sia-sia.


Not need to know.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »