Membulatkan Angka ke Bawah di Crystal Report

Membulatkan Angka ke Bawah di Crystal Report
Membulatkan Angka ke Bawah di Crystal Report

Salah satu hal yang paling tidak Saya sukai adalah perhitungan angka dan uang (tapi kalau uangnya saja, mau sih.). Tapi apa boleh buat, Saya digaji untuk membuat program yang di dalamnya ada proses penghitungan angka dan uang.

Kali ini, Saya berkutat dengan Crystal Report yang mengharuskan program Saya membulatkan nominal uang ke bawah. Saya pikir, kalau membulatkan ke bawah berarti menggunakan fungsi RoundDown (seperti di Excel). Dan setelah dicari-cari, ternyata Crystal Report tidak menyediakan fungsi RoundDown yang Saya maksud. Yang ada hanya fungsi Round dan RoundUp. Bagaimana ini? Coba cari info di Google dulu.

Akhirnya, ketemu juga. Ternyata, fungsi RoundDown di Crystal Report disebut juga dengan fungsi Floor yang penggunaannya cukup mudah. Berikut ini saya tunjukkan contoh cara membulatkan angka ke bawah di Crystal Report sekaligus catatan biar tidak kelupaan.

Membulatkan Angka Satuan
Contoh ingin membulatkan angka 1278 menjadi 1270, maka formula yang digunakan, seperti di bawah ini:
Floor(1278, 10)
atau
Floor({TableName.FieldName}, 10)

Membulatkan Angka Puluhan
Contoh ingin membulatkan angka 1278 menjadi 1200, maka formula yang digunakan, seperti di bawah ini:
Floor(1278, 100)
atau
Floor({TableName.FieldName}, 100)

Membulatkan Angka Ratusan
Contoh ingin membulatkan angka 1278 menjadi 1000, maka formula yang digunakan, seperti di bawah ini:
Floor(1278, 1000)
atau
Floor({TableName.FieldName}, 1000)

Not need to know.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »