Dermanyssus gallinae (Tungau)

Dermanyssus gallinae (Tungau)
Dermanyssus gallinae (Tungau)


Klasifikasi:
Kingdom: Animalia
Phylum: Arthropoda
Class: Arachnida
Ordo: Acarina
Sub-Ordo: Mesostigmata
Family: Dermanyssidae
Genus: Dermanyssus
Spesies: Dermanyssus gallinae

Deskripsi:
Dermanyssus gallinae, menyebar diseluruh dunia, hidup sebagai parasit temporer pada ayam, merpati, kenari, burung yang dipelihara di dalam sangkar dan burung liar lainnya dan kadang-kadang menggigit manusia. Sering disebut Tungau Merah Ayam karena tungau akan berwarna merah setelah menghisap darah. Di daerah Bali disebut dengan “Gadgad”, sedangkan di daerah Jawa disebut dengan “Gurem”.

Tungau memiliki Hipostoma sedikit menonjol melewati tepi tubuhnya, Kelicera digunakan untuk menusuk berbentuk pisau panjang, tungau betina panjangnya kira-kira 1 mm atau lebih panjang dan stadium belum dewasanya lebih kecil, memiliki Perisai Dorsal berbentuk hampir segi empat panjang dan jangkauannya terlepas dari ujung posterior, ditemukan rambut seperti bulu (setae) pendek, Anusnya terletak dibagian tengah belakang lempeng anal (anal plate). Pada permukaan ventral ditemukan perisai genatoventral yang membulat dan perisai anal bentuknya mengarah segitiga, kakinya panjang, pada ujungnya ditemukan sepasang cakar, Stigmata ditemukan diantara koksa kaki ke-3 dan ke-4 dan Peritrima (celah atau tube yang terancang progresif) panjang. Bersifat parasit temporer.

Siklus hidup, Telur dikeluarkan setelah tungau menghisap darah didalam celah atau retakan tembok kandang atau sarang burung, lebih dari 7 telur setiap kali bertelur, setelah 24-48 jam berikutnya telur akan menetas sehingga dari dalam telur akan keluarlah larva berkaki 6, yang tidak menghisap darah tetapi akan mengalami ekdisis dan berkembang menajadi Protoninfa, protonimfa akan menghisap darah dan mengalami ekdisis lagi berkembang menjadi Deutonimfa, Deutonimfa akan menghisap darah dan ekdisis untuk terakhir kalinya menjadi Dewasa. Tungau akan bisa bertahan hidup tanpa menghisap darah selama 4-5 bulan.

Daur hidup Dermanyssus gallinae (Tungau)
Daur hidup Dermanyssus gallinae (Tungau)


Sumber gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/01/Dermanyssus-bird-mite.jpg
Sparagano OAE, et al. 2014. Annu. Rev. Entomol. 59:447-66

Not need to know.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »