Trimakasih Tata dan Tisa

4 maret 2011
Senja itu, mentari tak menampakkan keindahannya. Benda berwarna abu-abu yang melambangkan kesuraman menutupi rona jingga dari sang raja siang. Sejauh mata memandang, hanyalah hamparan butiran-butiran air jatuh dari lagit dalam jangka waktu yang lama.

Ingin segera ku naiki si merah dan berlari menuju rumah. Namun, air turun dari langit begitu derasnya, membuatku malas memacu gas di saat itu. Ku putuskan menanti sejenak hingga agak reda.

Hujanpun mulai reda dan ceritapun baru dimulai…

Mogoknya Si Merah

Sore itu saya ngajar di salah satu bimbel di daerah Laweyan, Solo. Hujan yang turun kala itu, memaksa saya untuk menunggu hingga agak reda.

Jam digital di HP saya menunjukkan pukul 17.01 WIB, hujanpun juga agak reda. Ku ambil jas hujan, ku kenakan pelindung kepala yang juga disebut helm dan kuhidupkan si merah. Mesin hidup, masuk gigi 1 dan… mesin tiba-tiba mati. Okey, ga masalah… ku coba lagi menghidupkan mesin, ga bisa… ku paksakan dengan “genjot” akhirnya… ga berhasil juga.

Usahaku menghidupkan kembali si merah membuat tukang parkir di komplek itu menjadi iba dan membantu saya. Tapi, fillingku membisikkan usaha si tukang parkir tak berbuah manis. Ya, saya menghargai bantuan bapak parkir tersebut. Setelah beberapa lama, akhirnya yang saya pikirkan ternyata benar. Usaha bapak parkir tidak berbuah, saya harus gimana nih??? Oke… tetep tenang dan berpikir jernih. Saya berusaha mencari bengkel terdekat, tapi apa daya, daerah itu sangat asing bagi saya dan saya tidak mengenal daerah itu. Berusaha Tanya kepada bapak tukang becak yang berada tidak jauh dari tempat itu. Setelah mencari info, dapat alamat bengkel motor di deket Batik Keris yang jaraknya sangat jauh dari tempat mogoknya motor saya. Langit yang sudah reda, kini mulai lagi menjatuhkan airnya, alias gerimis.


Hm… saya mencari alternatif agar tidak dorong motor sampe berkilo-kilo di tengah guyuran hujan. Saya berpikir dan ada beberapa ide yang bisa dipertimbangkan.

Ide pertama; nangis-nangis di tengah komplek biar ada orang yang iba, kemudian mengantar saya ke bengkel terdekat dengan mobilnya. Ah… nanti malah dikira anak ilang yang depresi dan pengen bunuh diri dengan terjun dari atas Mall karena diputus pacar, ogah ah…  ga jadi deh…

Ide kedua; teriak-teriak di tengah jalan dan nyegat mobil yang lewat buat gue tumpangin nyari bengkel terdekat. Setelah saya pikir-pikir lagi, nanti malah saya dikira orang stress yang pengen bunuh diri dengan menabrakkan diri ke mobil yang sedang melaju… ah… ide yang buruk…

Ide ketiga; telpun temen yang rumahnya daerah Laweyan biar bisa bantu saya cari bengkel.

Tata, I need your help…
Saya terpaksa mengambil ide yang layaknya dianggap wajar bagi kebanyakan orang normal, yaitu ide ketiga. Oke, teman saya yang rumahnya deket situ ada dua; anggit dan tata. Mana yang harus saya telpun? Oke, saya memutuskan untuk meminta bantuan anggit karena menurut saya dia cowok dan ga masalah kalo harus dorong motor di tengah hujan. Oke, saya telpun… beberapa kali nada menunjukkan telpun yang nyambung “ tuuuut… tuuuut… tuuuuut…” ga ada jawaban, beberapa kali tidak di angkat. Satu-satunya harapan adalah tata, tapi dia kan cewek… ah, coba telpun ajah…

Saya memutuskan telpun tata, “tuuuuut… tuuuut…” eh, diangkat…
Dari balik telpun terdengar suara lirih dengan aksen orang yang sedang pilek, “iya mas… ada apa ya?

Mendengar suara yang terdengar agak pilek, saya menjadi tidak tega untuk meminta bantuannya, saya Tanya lokasi bengkel aja ah… “oia, tata… kamu dirumah kan? Gini, motorku kan mogok di deket rumahmu… nah, kamu tau ga bengkel yang jam segini masih buka di daerah sini?

langsung dijawabnya, “lha sekarang  kamu di mana mas??? Aku tak kesana… sekarang…

karena saya ga enak, maka saya jawab, “ga usah… kasih aja alamat bengkelnya…

belum selese ngomong, tata memotong kalimat saya, “udah… ga-pa-pa mas, kayak ma sapa aja lho mas… udah, aku otw sekarang ya…

ya udah deh, kalo kamu maksa ga-pa-pa… hehehe [gaya peppy the explorer] “hm… beneran nih ga-pa-pa??? okey, makasih banget ya ta…

tak lama kemudian, tata dan adiknya, tisa, tiba di TKP.
Tata langsung turun dari motornya dan menghampiri saya, “gimana mas motornya??? Mungkin kehabisan bensin mas…

ah… enggak mungkinlah, baru aja tak beliin bensin kok…” sahut saya.

owh… ya udah, ni adekku lagi nyari bengkel mas… nanti kalo udah ketemu, kita kesana…” ujar tata.

Selang beberapa menit, tisa menemukan sebuah bengkel yang sudah mau tutup. “pak jangan tutup dulu, benerin dulu nih motor saya…” dengan sekuat tenaga mendorong motor yang mogok, didampingi tata beserta rintik-rintik hujan. Sepanjang perjalanan, saya ngobrol dengan tata.
tata, kamu lagi sakit ya??? Sory ya, udah ngrepotin kamu…” kata saya.

Sahut tata dengan senyum lembut, “engga kok… ah, ga-pa-pa mas… kan kita harus saling membantu” saya tahu, sebenarnya tata lagi sakit, tapi entah kenapa dia bilang lagi ga sakit…

mas, kamu ga-pa-pa kan dorong motor sejauh ini???” Tanya tata.

enggak lah, aku kan kuat.. hehehe,  yang jadi pertanyaan tuh kamu ta…, kamu ga-pa-pa kan nemenin aku hujan-hujan dorong motor sampai sejauh ini? Apalagi kamu lagi sakit…” jawab saya.

Sahut tata dengan tersenyum ”ga kok mas, ga-pa-pa, hehehe…

Sebenarnya saya tidak tega liat tata yang lagi ga enak badan dibela-belain nemenin saya dorong motor, pokoke makasih banget ya tata…

Mas Bengkel yang Menakutkan
Setelah beberapa lama mendorong, kamipun sampai ke sebuah bengkel kecil dipinggir jalan dengan tisa sudah menunggu disana. Saya langsung memasukkan si merah ke bengkel itu, “mas tolong benerin motor saya mas, ni mogok ga mau idup mesinnya…

karena saya merasa kasihan dengan tata yang lagi sakit saya menyarankan untuk pulang saja, “tata, kamu kan lagi sakit, kalo kamu pengen pulang, pulang aja ga-pa-pa… aku udah dibengkel kok, tenang aja…

ya enggak gitu mas, masa aku ninggalin kamu sendirian??? Udah tenang aja mas, tak ikut nunggu aja…” sahut tata.

Saya hanya bisa tersenyum saja. Hehehe…
Saya menengok mas bengkelnya, dan mencari tahu kira-kira ada masalah apa dengan motor saya, sambil basa-basi saya Tanya, “mas, kira-kira kenapa ya motor saya???

wah, belum tau nih, coba saya bongkar dulu ya…” jawab masnya bengkel.



Oke deh, saya tunggu saja. Sambil menunggu mas bengkel mengutak-atik motor saya, kamipun berbincang ngobrol-ngobrol menghilangkan kejenuhan.

Tiba-tiba, tata berbisik di telinga saya, “mas, saya takut ma mas bengkel, nyeremin kayak preman, tatoan lagi… hiiiiiii….
Saya hanya mengangguk tanda setuju. Saya ingin berkata kepada mas bengkelnya, “mas kok, masnya serem amat? Kayak preman ajah, temen saya takut ma masnya nih…” belum sampai ngomong gitu, saya berpikir dan mengurungkan niat saya, gimana kalo nanti masnya tersinggung trus marah? Saya kena bogem mentah, motorpun ga jadi dibenerin malah dirusak… hii… ngeri ah… ga jadi…

Kamipun melanjutkan ngobrol kami, entah dari mana bermula, tiba-tiba kita jadi ngomongin seorang cewek yang mati bunuh diri dengan terjun dari lante 4 di Mall terbesar di kota solo. Ih, ngeri deh… yang paling semangat adalah tisa, kayaknya penasaran banget dengan alasan tuh cewek nekad bunuh diri. Saya asal ngomong, “Ah, ga tau juga ah… mungkin di hari itu, dia hamil, trus pacarnya ga mau tanggung jawab, crita ke orang tuanya, eh, malah diusir dari rumah… kabur dari rumah naek bis, kecopetan sekalian… hadew sial banget tuh cewek…kasihan” eh, mreka ketawa… hahaha


Maaf Tata, telah Menolak[tawaran]mu
Stelah beberapa lama, akhirnya selese juga motor saya, sekarang sudah bisa nyala mesinnya. Hore…! “makasih mas, berapa ongkosnya mas???”, sahut masnya bengkel, “lima belas ribu dek…”. Oke deh… udah lega nih…

Waktu itu, tata menawarkan untuk mampir sebentar ke rumahnya, “mas, ayo mampir ke rumahku mas, deket kok dari sini…

Karena baju saya basah kuyub, saya terpaksa menolaknya, “sory ta, bukane aku ga mau mampir, tapi ni baju basah kuyub begini… ga enak kalo mampir-mampir dulu, keburu dingin nih… sory ya…

oh, iya mas… ga-pa-pa kok… tapi kapan-kapan mampir ya ke rumah…” ujar tata.

iya… kapan-kapan aku mampir kok…” jawab saya.

Lalu tata naik motor bersama adeknya dan berkata, “oke deh… dada mas tepi…

dada tata… maksih banget ya buad kalian…” sahut saya sambil melambaikan tangan.

Trima kasih tata dan tisa… ^_^

Bersyukur banget punya adek tinggat sekaligus teman yang sangat baek seperti tata. Rela hujan-hujanan demi seorang sahabat yang ga bisa apa-apa seperti saya. Terharu… T.T
Ternyata di luar sana, masih banyak teman yang peduli dengan saya, trima kasih… ^_^

Saya bersyukur kepada Tuhan untuk sahabat-sahabat dan teman yang saya kenal hingga sekarang, saya tahu; bukan kebetulan saya bisa bertemu dan kenal dengan sahabat-sahabat saya, tapi karana rencana TUHAN.

Not need to know.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »