Pesan Terakhir : SEMANGAT KULIAH !!!

Pesan ini disampaikan alm.Kakek gue tepat dua hari sebelum alm.Kakek meninggal,


Gue bangga banget punya Kakek seperti dia, alm.Kakek adalah seorang tentara yang gagah berani, mengambil peran dalam kemerdekaan INDONESIA, berperang melawan penjajah, ga Cuma buat memerdekakan negaranya tapi juga memerdekakan keluarga beserta anak cucunya.
 
Dia begitu tegar saat kesulitan menghadang di medan perang…

Dia begitu tegap saat berbaris bersama pahlawan-pahlawan bangsa yang lainnya…

Dia sangat tegas dalam mengambil keputusan dan tak kan mundur kembali…

Dia terampil mengunakan semua peralatan: kesehatan, senjata, medan pertempuran serta masak-memasak itulah jagonya…

Yang bikin gue lebih bangga adalah rasa sayang banget ma cucu-cucu.nya… YA!!! gue bangga banget… 

Begitu berani dan tulus…

Teringat saat gue masih kecil, kakek yang bisa di jadikan temen maen,
 
Waktu gue belom skul, kita biasa menghabiskan waktu pagi dengan berpetualang dengan sepeda kebanggaan meng-eksplorasi keindahan alam sekitar desa… kita berpetualang melakukan penelitian dan pengamatan terhadap kegiatan petani dipagi hari beserta kebonya, waktu itu sempet gue kepikiran mau buat skripsi dengan judul “PENGARUH PENGGUNAAN KERBAU SEBAGAI ALAT PEMBAJAK SAWAH TERHADAP KUANTITAS PENEN PADI DI DESA KEDUNGGUDEL KELURAHAN KENEP KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 1993-1994” Tapi sayang, karena gue baru berusia 3 tahun, jadi kagak ada yang percaya kalo gue mau bikin skripsi.
 
Ngebrel soal kebo, jadi keinget, waktu itu gue kecil bersama alm.Kakek tidak menemukan tanda-tanda kehadiran si kebo, gue kecil nangis… minta ketemu ma Mr.Kebo, wuih… manja benget ya gue??? Keren, alm.Kakek ternyata kreatif bgt, kita dengan kekuatan tenaga pendorong penuh langsung melesat ke base camp.nya  petani yang punya kebo itu, ya….. sempet sih tersesat dikit, sampe Tanya sana sini… tapi dengan kecakapan mengumpulkan informasi, kami mendapat info dari seorang informan akhirnya kita berhasil menemukan tempat persembunyian Mr.Kebo, dia lagi tiduran di atas bed rumput, dan kelihatan mulutnya penuh dengan “bolus” yang sebenarnya berasal dari rumput biasa yang sebelumnya udah masuk dalam rumen kemudian dikeluarkan dan dikunyah kembali di mulut…
 
Itu kegiatan gue kecil dan alm.Kakek di pagi hari, truz sang “raja siang” mulai meninggi di atas kepala kami, ya… sebagai anak yang masuk dalam mode pertumbuhan, gue ecil juga butuh tidur cuy… kita balik kerumah deh…
 
Dirumah, gue langsung dibuatin susu… gue kecil seneng banget tuh dengan yang namanya susu, tu minuman gue kecil tiap hari… habis mimic susu, agenda selanjutnya BBS (BoBo Siang), di tempat tidur gue kecil sering didongengin alm.Kakek tentang masa-masa perangnya dulu, dari perang pembebasan irian barat, cara penggunaan senjata, berburu dan meramu ala tentara di medan perang  sampe crita alm.Kakek yang terseret pesawat terbang gara-gara parasutnya nyantol di pesawat, kerannya dia Cuma lecet-lecet doank… HEBAT cuy…
 
Oia, gue jadi inget, dulu sering banget, alm.Kakek crita panjang lebar dan tinggi yang akhirnya didapatkan volume balok, eh… ternyata gue kecil belum ngantuk, lama-kelamaan kok kakek gue ga kedengeran suaranya???? Setelah beberapa saat, terdengarlah suara dengkuran kakek gue… eh, udah pules… jadi, gue kecil malah kabur deh tuh… hehehe

Itu kisah petualangan kecil gue bersama alm.Kakek, gue sayang banget… sampe kuliahpun, gue tetep sayang banget ma dia… dia adalah kakek yang luar biasa yang pernah gue miliki…

Sewaktu gue SMP kelas 2, kakek mengalami kecelakaan dan kaki kanannya patah… dan harus di operasi, dan seterusnya gerrakannya terbatas banget… sempet kakek mengalami down, emosinyapun kadang ga terkontrol, itu sampe berbulan-bulan, tapi karena begitu semangatnya untuk melihat anak dan cucunya sekolah dan menikah, dia berhasil kembali seperti semula…

Sewaktu gue mulai masuk kuliah, alm.Kakek sering sakit-sakitan… hingga dalam sebulan masuk RS sampe 3(tiga) kali… dia kena kanker… dan yang paling parah sewaktu kakek koma 2 hari…
Selama 2 hari kakek koma, kalimat pertama yang diucapkan setelah kakek sadar adalah :
“TERIMA KASIH TUHAN, SAYA MASIH DI IZINKAN KETEMU ANAK-ANAK SAYA LAGI…”
 
Selama seminggu kakek dirawat di RS, kadang gue juga nunggu sampe gue ikud tidur di RS…

Gue inget, hari itu, hari sabtu, gue mau ke kampus… sebelum berangkat gue pamitan dulu ma kakek, kakek bilang gini:
“IYA… YANG SEMANGAT KULIAH YA!!!” (SAMBIL MENGEPALKAN TANGAN, MENUNJUKKAN SEMANGAT YANG TAK AKAN PERNAH PADAM) gue tau gimana perasaan kakek waktu itu… Kakek pengen sekali lihat gue tetep smangat kuliah dan berhasil meraih mimpi-mimpi serta cita-cita gue…
Siangnya, gue di sms suruh cepat ke RS, keadaan kakek semakin memburuk…
Dua hari kemudian kakek di panggil TUHAN…

Gue ga sempet bilang apa-apa, gue ga sempet bilang maaf atas kenakalan-kenakalan yang udah gue buat… tapi kakek meninggalkan pesan terakhir untuk gue…
“SEMANGAT KULIAH!!!”

Gue janji, akan selalu menjaga KOBARAN API SEMANGAT yang kakek berikan untuk tetep semangat dan meraih mimpi gue… Thx buat semuanya kek… I LOVE YOU… “SEMANGAT KULIAH!!!”


NB: selama kakek sakit dia kagak ngeluh sedikitpun... SALUT

Not need to know.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »